Jokowi
Jokowi Pastikan Evaluasi PON 2024

Jokowi Pastikan Evaluasi PON 2024

Jokowi
Jokowi Pastikan Evaluasi PON 2024

NationalNews – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menegaskan bakal mengevaluasi secara menyeluruh ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara atau PON 2024 yang memetik banyak polemik. Termasuk, soal masalah makanan para atlet yang memetik beragam kontroversi.

“Semua yang mengenai dengan kegiatan-kegiatan pemerintah senantiasa dievaluasi kecuali ada koreksi ya dikoreksi untuk perbaikan-perbaikan ke depan,” kata Jokowi kepada wartawan di Menara Danareksa Jakarta Pusat, Selasa (17/9/2024).

Dia enggan menanggapi soal viralnya unggahan yang menunjukkan makanan atlet PON 2024 berisi roti dan santan kemasan. Jokowi berharap perihal tersebut ditanyakan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo.

“Di cek di panitia lah. Nanti tanyakan ke Menpora,” ucapnya.

Menurut dia, pemerintah senantiasa melakukan koreksi tiap-tiap event-event besar untuk perbaikan kedepan. Tak hanya masalah konsumsi, evaluasi juga dilakukan terhadap venue maupun akomodasi PON 2024.

“Saya kira didalam event besar pasti ada koreksi, pasti ada perbaikan, pasti. baik masalah venue, masalah konsumsi, baik akomodasi seluruh pasti ada yang kudu kami perbaiki,” paham Jokowi.

Sebelumnya, masalah makanan juga salah satu berasal dari beragam kontroversi yang konsisten bermunculan di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara atau PON 2024. Yang terbaru, sejumlah atlet judo yang berlaga di Gelanggang Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh mengeluhkan isikan kotak makanan yang disajikan panitia.

Viral Video Snack Roti dan Santan

Melalui akun Instagram @fakta.indo yang dilansir Senin (16/9/2024), terlihat video menunjukkan kotak snack berisi roti dan santan kemasan. Paket makanan yang diberikan tersebut dinilai tidak cocok ekspektasi gara-gara mestinya roti diberi pendamping minuman, bukan santan.

Video itu lantas dibagikan ulang di sejumlah akun media sosial lainnya, seperti akun Instagram @fakta.jakarta dan akun TikTok @quirjyloop. Unggahan itu pun mendapat banyak komentar pedas warganet.

“Ini baru PON, belum ulang KLIWON. Paling jajanannya kembang 7 rupa,” komentar seorang warganet.

“Udah bener itu, sun karanya pengganti susu.. Lejat dan bergiji.,” sahut warganet lain.

“Lengah dikit, disuruh sedot santan,” sindir pengguna yang lain.

“Knp gak sekalian kasih ayam mentah, biar buat opor sendiri,” kata warganet yang lain.

Dinilai Sebagai PON Terburuk

“Sudah permainannya curang, makanan seadanya… Fix ini jadi salah satu PON terburuk…” imbuh warganet lainnya.

“Td lihat berita di tv, katanya budget buat nasi box PON smpe 38 milyar bundd kok makanannya kek makanan bekas gitu sih,” timpal warganet lainnya.

Dilansir berasal dari web site LKPP, anggaran untuk mengonsumsi atlet, pelatih, dan ofisial untuk PON Aceh-Sumut 2024 capai Rp42,5 miliar, dengan tender dilakukan lewat E-Purchasing. Konsumsi makan besar untuk atlet dihargai Rp50 ribu, namun snack capai Rp18 ribu per porsi.

By viva88

Related Post

Leave a Reply

NationalNews